Tutorial HTML Part 1 - Pengertian HTML


Untuk membuat halaman situs web, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari HTML. HTML adalah dasar dari pembuatan situs web di internet, nah jika kamu penasaran, mari kita kupas tuntas mengenai bahasa ini.

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari Hypertext markup languange. Disebut Hypertext karena pada HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kamu dapat membuatnya menjadi link yang bisa berpindah dari satu halaman ke halaman yang lainnya hanya dengan mengklik text berupa link tersebut. Kemampuan inilah yang disebut Hypertext, walaupun pada praktiknya tidak hanya text saja yang bisa dijadikan link.

Disebut Markup Languange karena bahasa HTML ini menggunakan tanda (mark) yang berfungsi untuk menandai bagian bagian dari text. Misalnya, text yang bisa menjadi tebal (bold) atau text yang bisa menjadi besar (size). Tanda ini dikenal sebagai HTML tag.

Jika kamu ingin melihat bagaimana macam macam kode HTML, silahkan buka browser kamu (Google chrome / Mozila firefox) lalu bukalah halaman web, contohnya facebook, dll.. Lalu Klik kanan > View page source, Atau bisa juga dengan kombinasi keyboard dengan menekan tombol CTRL + U.

HTML bukanlah bahasa program (Programming languange), Melainkan bahasa markup (markup languange), hal ini tentu saja membuat kamu bingung dan aneh, tetapi jika kamu sudah mengenal bahasa pemrograman lain, memang betul bahwa HTML bukanlah bahasa program, karena didalam penulisan HTML tidak ditemukan bahasa program seperti IF, LOOP, maupun variabel lainnya.

HTML 5

sampai saat ini, perkembangan bahasa markup HTML sangat cepat berkembang, dari yang sebelumnya dikenal dengan xHTML (Extensible Hypertext Markup Languange) dan sekarang berkembang yang disebut dengan HTML 5.

HTML 5 berisi beberapa fitur baru, tetapi mengembangkannya tidak menghilangkan pada HTML sebelumnya, seperti xHTML dan HTML 4.

File HTML ini tidak bisa berjalan kecuali dengan menggunakan Fungsi web browser untuk bisa membacanya, biasa menggunakan extensi .html > Contoh (index.html), Nah pada tutorial lain akan dibahas mengenai Fungis web browser:)

Semoga bisa bermanfaat.


1 Response to "Tutorial HTML Part 1 - Pengertian HTML"

  1. Min bisa request tutorial javascript, ketika close tab browser keluar alert dari function javascript.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel